Senin, 29 Juni 2009

Embed SWF di Blog Anda

Dapet tugas, buat masukin animasi ke blog. Hmm, animasi ? Yang langsung kepikiran, "SWF". :D Trus, gimana sih cara masukin (istilahnya embed) SWF di blog kita? Dah coba-coba di wordpress goggling cara SWF, ternyata yang salah itu kita (di blog.upi.edu) ndak dikasih wewenang buat nambahin media tipe .swf. Nah gimana kalo di blog lain? Blogspot.com misalnyah ? Yuk step by step embeding swf.

Step1 - Cari + Uploading SWF
Yang kita butuhkan terlebih dulu adalah file *.swf. Bisa dicari di google swfnya. Cari, trus download swf yang anda suka, atau bisa anda pakai swf yang ada di harddisk anda. Nah, selanjutnya kita butuh tempat hosting yang support directlink ke file swf kita itu. Salahsatu tempat hosting directlink, fileden.com. Register dulu, pilih yang free saja. Kalo proses registrasi dan aktivasinya sudah selesai. Upload file swf tadi, setelah selesai maka ada opsi direct URL file, maka kita akan dapat alamat directlink file swf tadi. Misal saya upload suatu file swf di filden.com, dan dapet directlink Moon.swf

Step 2 - Embeding
Buat tulisan di blog anda dan tambahkan tag berikut (dengan modifikasi sesuai file yang anda dapatkan dari fileden.com):




Misal dari fileden saya dapet link Moon.swf, maka tagnya :




Trus, tadi http://www.codingku.wordpress.com dapet tag yang lebih singkat, heu2. Alteranatif tag :





Hasilnya seperti di bawah ini :



Sampai sini, embed swf sudah bisa dilakukan.

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP